untuk membuat class di perlukan :
1. Editor java, seperti JCreator
2. JDK yg sudah terinstal dan tersetting di komputer
*Listing kode, class binatang java
public class Binatang {
private String suara;
private String makanan;
private int kaki;
public Binatang() {
this.suara = "Melolong";
this.makanan = "Daging";
this.kaki = 4;
}
public Binatang(String suaranya, String makanannya, int kakinya) {
suara = suaranya;
makanan = makanannya;
kaki = kakinya;
}
public void setSuara(String suaranya) {
suara = suaranya;
}
public void setMakanan(String makanannya) {
makanan = makanannya;
}
public void setKaki(int kakinya) {
kaki = kakinya;
}
public String getSuara() {
return suara;
}
public String getMakanan() {
return makanan;
}
public int getkaki() {
return kaki;
}
public void infoBinatang() {
System.out.println("Makanan = " + makanan);
System.out.println("Suara = " + suara);
System.out.println("Kaki = " + String.valueOf(kaki));
System.out.println(" ");
}
public static void main(String[] args) {
System.out.println("<= Membuat Objek Srigala =>");
Binatang srigala = new Binatang();
srigala.infoBinatang();
System.out.println("<= Membuat Objek Singa =>");
Binatang singa = new Binatang("Mengaum","Daging",4);
singa.infoBinatang();
System.out.println("<= Membuat Objek Ayam =>");
Binatang ayam = new Binatang();
ayam.setSuara("Kukuruyuk");
ayam.setMakanan("Biji-bijian");
ayam.setKaki(2);
ayam.infoBinatang();
}
}
*Output program menggunakan editor JCreator 4.00 LE
*Output program menggunakan Command Prompt
Logika Kode :
Penjelasannya, class Binatang ini mempunyai 3 properti yaitu suara, makanan, dan kaki. Nilai dari properti tadi diisi secara default pada saat construktor dijalankan, lalu kapan construktor dijalankan? yaitu pada saat membuat objek dengan menggunakan new, berikut :
Binatang kuda = new Binatang();
Dan dibawah ini adalah construktor yang dimaksud :
public Binatang() {
this.suara = "Melolong";
this.makanan = "Daging";
this.kaki = 4;
}
Penggunaan this artinya menunjukan objek kelas Binatang itu sendiri, boleh digunakan dan bisa saja tidak..sama ja ko. Selain itu ada Construktor yang mempunyai parameter, maka dalam contoh membuat objek singa seperti ini :
Binatang singa = new Binatang("Mengaum","Daging",4);
Objek singa menggunakan construktor dibawah ini :
public Binatang(String suaranya, String makanannya, int kakinya) {
suara = suaranya;
makanan = makanannya;
kaki = kakinya;
}
Selain itu class Binatang ini juga mempunyai beberapa metode yaitu :
public void setSuara(String suaranya) {
suara = suaranya;
}
Metode diatas berguna untuk memberikan nilai properti suara. Begitu juga dengan setMakanan dan setKaki berguna untuk memberikan nilai properti makanan dan kaki. Berbeda dengan 3 metode diatas, class ini juga memiliki metode lain yaitu :
public String getSuara() {
return suara;
}
Metode diatas bukan untuk memberikan nilai properti suara, tetapi memperoleh/mengambil nilai properti suara dari metode setSuara() diatas. Untuk perintah return suara, artinya nilai properti suara tersebut akan diberikan apabila metode getSuara() ini dipanggil.
public void infoBinatang() {
System.out.println("Makanan = " + makanan);
System.out.println("Suara = " + suara);
System.out.println("Kaki = " + String.valueOf(kaki));
System.out.println(" "); //dikosongkan untuk jarak,
klo di HTML mah
}
Perhatikan public void infoBinatang(), terdapat kata void yang berarti metode tidak untuk menghasilkan sebuah nilai tertentu, tetapi hanya untuk mengerjakan sesuatu. Klo dipascal sama seperti procedure, ingat dalam JAVA tidak ada procedure tapi hanya ada fungsi. Metode ini mengerjakan/ menampilkan semua atribut class ini.
Terakhir..
public static void main(String[] args) {
System.out.println("<= membuat Objek kuda secara default =>");
Binatang srigala = new Binatang();
srigala.infoBinatang();
System.out.println("<= membuat Objek Singa dengan parameter =>");
Binatang singa = new Binatang("Mengaum","Daging",4);
singa.infoBinatang();
System.out.println("<= membuat Objek ayam tapi melalui setter =>");
Binatang ayam = new Binatang();
ayam.setSuara("Kukuruyuk");
ayam.setMakanan("Biji-bijian");
ayam.setKaki(2);
ayam.infoBinatang();
}
Metode ini tidak harus dimiliki sebuah class, metode main diperlukan apabila class ini ingin dijalankan. script diatas, pertama-tama mencetak <= Membuat Objek Srigala => fungsinya hanya untuk penjelas bahwa ini adalah objek kuda, baris berikutnya adalah membuat objek kuda : Binatang srigala = new Binatang(); baris berikutnya srigala.infoBinatang(); memanggil objek kuda dengan metode infoBinatang(), karena tidak mempunyai parameter maka memanggil construktor Binatang().
Untuk kodingan selanjutnya. Hampir sama dengan Objek srigala, mencetak <= Membuat Objek Singa dengan parameter => lalu membuat objek singa Binatang singa = new Binatang(“Mengaum”,”Daging”,4); karena memiliki parameter Binatang(“Mengaum”,”Daging”,4); maka yang dipanggil construktor public Binatang(String suaranya, String makanannya, int kakinya). baris singa.infoBinatang(); untuk memanggil objek kuda dengan metode infoBinatang().
Beda dengan objek ayam yaitu menggunakan metode set..pertama objek ayam dibuat, terus diset dengan metode setSuara untuk dapet nilai properti suara, setMakanan untuk ambil nilai properti makanan dan seterusnya. Lalu metode infoBinatang() dipanggil dengan mendapatkan parameter dari ketiga metode set tadi.
No comments:
Post a Comment